GANGGUAN
PERASAAN CEMAS
TIPE-TIPE DAN PENANGANANNYA
TIPE-TIPE DAN PENANGANANNYA
Tiap manusia pasti mempunyai rasa cemas. rasa
cemas ini biasanya terjadi pada saat adanya kejadian atau peristiwa tertentu,
maupun dalam menghadapi suatu hal. Misalkan, orang merasa cemas, ketika tampil
dihadapan banyak orang atau ketika sebelum ujian berlangsung dan masih banyak lagi.
Kecemasan yang dimiliki seseorang seperti diatas adalah normal. dan bahkan
kecemasan ini perlu dimiliki oleh manusia. akan tetapi kecemasan berubah
menjadi abnormal ketika kecemasan yang ada dalam diri individu menjadi
berlebihan atau melebihi dari kapasitas umumnya. Individu yang mengalami
gangguan seperti ini bisa dikatakan mengalami anxiety disorder (gangguan
kecemasan) yaitu ketakutan yang berlebihan dan sifatnya tidak rasional.
Seseorang dikatakan menderita anxiety disorder apabila kecemasan atau anxietas
ini mengganggu aktivitas dalam kehidupan dari diri individu tersebut. salah
satunya terganggunya fungsi sosial dalam diri individu. Misalnya, kecemasan
yang berlebihan ini menghambat diri seseorang untuk menjalin hubungan akrab
antar individu maupun kelompoknya.
TIPE-TIPE GANGGUAN PERASAAN
CEMAS
Anxiety disorder memiliki bebrapa pembagian yang lebih spesifik. diantaranya:
1. Fobia
Fobia adalah
ketakutan yang berlebihan yang disebabkan oleh benda, binatang ataupun
peristiwa tertentu. sifatnya biasanya tidak rasional, dan timbul akibat
peristiwa traumatik yang pernah dialami individu. Fobia juga merupakan
penolakan berdasar ketakutan terhadap benda atau situasi yang dihadapi, yang
sebetulnya tidak berbahaya dan penderita mengakui bahwa ketakutan itu tidak ada
dasarnya. Fobia simpel: sumber binatang, ketinggian, tempat tertutup, darah.
Yang menderita banyak wanita, dimulai semenjak kecil. Agorafobia: kata yunani,
agpra = tempat berkumpul, pasar. Sekelompok ketakutan yang berpusat pada
tempat-tempat publik: takut berbelanja, takut kerumunan, takut bepergian.
Banyak yang minta pertolongan. Banyak wanita yang menderita ini dimulai pada
masa remaja dan permulaan dewasa. Simtom: ketegangan, pusing, kompulsi,
merenung, depresi, ketakutan menjadi gila. 90% dari suatu sampel: takut tempat
tinggi, tempat tertutup, elevator. Fobia dibedakan menjadi dua jenis,yaitu:
a. Fobia Spesifik
Ketakutan berlebih yang disebabkan
oleh benda, atau peristiwa traumatik tertentu, misalnya: ketakutan terhadap kucing (ailurfobia),
ketakutan terhadap ketinggian (acrofobia), ketakutan terhadap tempat tertutup
(agorafobia), fobia terhadap kancing baju, dsb.
b. Fobia Sosial
Ketakutan
berlebih pada kerumunan atau tempat umum. ketakutan ini disebabkan akibat
adanya pengalaman yang traumatik bagi individu pada saat ada dalam kerumunan
atau tempat umum. misalnya dipermalukan didepan umum, ataupun suatu kejadian
yang mengancam dirinya pada saat diluar rumah. Penyebab: Teori Psikoanalitik:
pertahanan melawan kecemasan hasil dorongan id yang direpres. Kecemasan:
pindahan impuls id yang ditakuti ke objek/situasi, yang mempunyai hubungan
simbolik dengan hal tersebut, Menghindari konflik yang direpres. Cara ego untuk
mcnghadapi masalah yang sesungguhnya konflik pada masa kaaak-kanak yang
direpres. Teori Behavioral: hasil
belajar kondisioning kfasik, kondisioning operan, modeling.
2. Obsesif
Kompulsif
Seperti contoh Kasus dibawah ini: X
adalah seorang remaja madya yang saat ini sedang kuliah disuatu universitas.
sudah beberapa hari ini ia mempunyai kebiasaan aneh yang tidak bisa ia
hentikan. kebiasannya adalah mencuci tangannya lebih dari 10x dalam satu hari.
teman-temannya juga heran mengapa ia berperilaku seperti itu. ketika ia
berkonsultasi kepada psikolog sekolahnya ia baru tahu apa yang terjadi padanya.
psikolog menanyainya apa yang menyebabkannya seperti itu, lalu X mulai
menceritakan kejadian apa yang sebenarnya ia lakukan.X adalah kakak dari A.
saat kecil keduanya pernah bertengkar, X tanpa sengaja mengambil gunting dan
menorehkannya ke lengan adiknya,A. akibatnya lengan A terluka dan menyebabkannya
cacat. peristiwa ini membuatnya bersalah dan ia terus menerus memikirkan
kesalahannya ini (obsesif), dan tiap kali ia mengingatnya ia akan mencuci
tangannya berulang-ulang. (kompulsif). Berdasarkan cerita diatas, kita bisa
melihat bahwa obsesif adalah pemikiran yang berulang dan terus-menerus.
Sedangkan kompulsif adalah pelaksanaan dari pemikirannya tersebut. Perilaku ini
merupakan ritual pembebasan dari dosa pada orang tersebut. dengan mencuci
tangan ia berharap bisa membersihkan dari dosa yang telah ia perbuat. obsesif
kompulsif ini biasanya cenderung pada perilaku bersih-bersih. Perilaku seperti
ini sebenarnya banyak terjadi pada lingkungan kita tetapi, kita kadang malah
menganggap perilaku ini wajar. 1-3% dari populasi. Dewasa muda, mengikuti
kejadian yang penuh stres: kehamilan, kelahiran, konflik keluarga, kesulitan
dalam pekerjaan, keadaan depresi. Penderita obsesif-kompulsif sering menderita
depresi.. Obsesi: pikiran yang berkali-kali datang yang mengganggu - tampak
tidak rasional - tidak dapat dikontrol → mengganggu hidup. dapat berbentuk
keragu-raguan yang ekstrim, penangguhan tidak dapat membuat keputusan. pasien
tidak dapat mengambil kesimpulan. Kompulsi: impuls yang tidak dapat
ditolak mengulangi tingkah laku ritualistik berkali-kali. Kompulsi sering
berhubungan dengan kebersihan dan keteraturan. Penderita merasa apa yang
dilakukannya asing.
Ada 5 bentuk
obsesi:
1.Kebimbangan yang obsesif: pikiran bahwa suatu tugas yang telah selesai tidak secara baik (75% dari pasien).
2.Pikiran yang obsesif: pikiran berantai yang tidak ada akhirnya. Biasanya fokus pada kejadian yang akan datang (34% dari pasien).
3.Impuls yang obsesif; dorongan untuk melakukan suatu perbuatan (17%).
4.Ketakutan yang obsesi kecemasan untuk kehilangan kontrol dan melakukan sesuatu yang memalukan (26%)
5.Bayangan obsesif: bayangan terus menerus mengenai sesuatu yang dilihat (7%).
Kompulsi(2macam).
1.Dorongan kompulsif yang memaksa suatu perbuatan: melihat pintu berkali-kali (61%).
2.Kompulsi mengontrol: mengontrol dorongan kompulsi (tidak menuruti dorongan tersebut): mengontrol dorongan inses dengan berkali-kali menghitung sampai 10. Rochman dan Hodgson; dua macam kompulsi: membersihkan dan mengecek.
1.Kebimbangan yang obsesif: pikiran bahwa suatu tugas yang telah selesai tidak secara baik (75% dari pasien).
2.Pikiran yang obsesif: pikiran berantai yang tidak ada akhirnya. Biasanya fokus pada kejadian yang akan datang (34% dari pasien).
3.Impuls yang obsesif; dorongan untuk melakukan suatu perbuatan (17%).
4.Ketakutan yang obsesi kecemasan untuk kehilangan kontrol dan melakukan sesuatu yang memalukan (26%)
5.Bayangan obsesif: bayangan terus menerus mengenai sesuatu yang dilihat (7%).
Kompulsi(2macam).
1.Dorongan kompulsif yang memaksa suatu perbuatan: melihat pintu berkali-kali (61%).
2.Kompulsi mengontrol: mengontrol dorongan kompulsi (tidak menuruti dorongan tersebut): mengontrol dorongan inses dengan berkali-kali menghitung sampai 10. Rochman dan Hodgson; dua macam kompulsi: membersihkan dan mengecek.
Penyebab:
Psikoanalitik: fiksasi masa anal.Adler: anak terhalang mengembangkan kompetensinya → rendah diri → secara tidak sadar mengembangkan ritual yang kompulsif untuk membuat daerah yang dapat dikontrol dan merasa mampu → membuat orang tersebut merasa menguasai cara menguasai sesuatu. Teori Belajar: Kondisioning operan. Tingkah laku yang dipelajari yang dikuatkan akibat-akibatnya. Terapi sama dengan fobia dan GAD.
Psikoanalitik: fiksasi masa anal.Adler: anak terhalang mengembangkan kompetensinya → rendah diri → secara tidak sadar mengembangkan ritual yang kompulsif untuk membuat daerah yang dapat dikontrol dan merasa mampu → membuat orang tersebut merasa menguasai cara menguasai sesuatu. Teori Belajar: Kondisioning operan. Tingkah laku yang dipelajari yang dikuatkan akibat-akibatnya. Terapi sama dengan fobia dan GAD.
3. Post Traumatik-Stress Disorder (PTSD/ Gangguan Stress Pasca Trauma)
PTSD merupakan kecemasan akibat
peristiwa traumatik yang biasanya dialami oleh veteran perang atau orang-orang
yang mengalami bencana alam . PTSD biasnya muncul beberapa tahun setelah kejadian
dan biasanya diawali dengan ASD, jika lebih dari 6 bulan maka orang tersebut
dapat mengembangkan PTSD. Simtom dan diagnosis:
Akibat kejadian traumatik atau bencana yang tingkatnya sangat buruk: perkosaan, peperangan, bencana alam, ancaman yang serius terhadap orang yang sangat dicintai, melihat orang lain disakiti atau dibunuh. Akan berakibat tidak dapat konsentrasi, mengingat, tidak dapat santai, impulsif, mudah terkejut, gangguan tidur, cemas, depresi, mati rasa; hal-hal yang menyenangkan tidak menarik lagi, ada perasaan asing terhadap orang-lain dan yang lampau. Kalau trauma dialami bersama orang lain, dan yang lain mati: ada rasa bersalah, sering terjadi mimpi buruk atau gangguan tidur. Gangguan pasca trauma dapat akut, kronis atau lambat, trauma akibat orang, perang, serangan fisik atau penganiayaan berlangsung lebih lama daripada trauma setelah bencana alam. Simtom memburuk jika dihadapkan kepada situasi yang mirip. Dapat terjadi pada anak dan orang dewasa. Simtom pada anak: mimpi tentang monster atau perubahan tingkah laku: ramai → pendiam Riwayat psikopatologi pada keluarga memegang peranan Perlakuan
Dapat melalui terapi kelompok. Dengan cara ini penderita mendapatkan support dari teman-temannya.
Akibat kejadian traumatik atau bencana yang tingkatnya sangat buruk: perkosaan, peperangan, bencana alam, ancaman yang serius terhadap orang yang sangat dicintai, melihat orang lain disakiti atau dibunuh. Akan berakibat tidak dapat konsentrasi, mengingat, tidak dapat santai, impulsif, mudah terkejut, gangguan tidur, cemas, depresi, mati rasa; hal-hal yang menyenangkan tidak menarik lagi, ada perasaan asing terhadap orang-lain dan yang lampau. Kalau trauma dialami bersama orang lain, dan yang lain mati: ada rasa bersalah, sering terjadi mimpi buruk atau gangguan tidur. Gangguan pasca trauma dapat akut, kronis atau lambat, trauma akibat orang, perang, serangan fisik atau penganiayaan berlangsung lebih lama daripada trauma setelah bencana alam. Simtom memburuk jika dihadapkan kepada situasi yang mirip. Dapat terjadi pada anak dan orang dewasa. Simtom pada anak: mimpi tentang monster atau perubahan tingkah laku: ramai → pendiam Riwayat psikopatologi pada keluarga memegang peranan Perlakuan
Dapat melalui terapi kelompok. Dengan cara ini penderita mendapatkan support dari teman-temannya.
4. GAD
Tanda-tanda;
kecemasan kronis terus menerus rnencakup situasi hidup (cemas akan terjadi
kecelakaan, kesulitan finansial). Ada keluhan somatik: berpeluh, merasa panas,
jantung berdetak keras, perut tidak enak, diare, sering buang air kecil,
dingin, tangan basah, mulut kering, tenggorokan terasa tersumbat, sesak nafas,
hiperaktivitas sistem saraf otonomik. Merasa ada gangguan otot: ketegangan atau
rasa sakit pada otot terutama pada leher dan bahu, pelupuk mata berkedip terus,
bcrgetar, mudah lelah, tidak mampu untuk santai, mudah terkejut, gelisah,
sering berkeluh. Cemas akan terjadinya bahaya, cemas kehilangan kontrol, cemas
akan mendapatkan.serangan jantung, cemas akan mati. Sering penderita tidak
sabar, mudah marah, tidak dapat tidur, tidak dapat konsentrasi.
Penyebab:
Psikoanalitik: konflik antara impuls id dan ego yang tidak disadari. Impuls itu seksual atau agresif → ingin keluar, dihalangi → tidak disadari → cemas. Teori belajar: kondisioning klasik dari rangsang luar. Kognitif behavioral: memfokus kontrol dan ketidakberdayaan. Terapi: psikomatis sama dengan fobia.
Penyebab:
Psikoanalitik: konflik antara impuls id dan ego yang tidak disadari. Impuls itu seksual atau agresif → ingin keluar, dihalangi → tidak disadari → cemas. Teori belajar: kondisioning klasik dari rangsang luar. Kognitif behavioral: memfokus kontrol dan ketidakberdayaan. Terapi: psikomatis sama dengan fobia.
5. Gangguan Panik
Tanda-tanda:
sekonyong-sekonyong\sesak nafas, detak jantung keras, sakit di dada, merasa
tercekik, pusing, berpeluh, bergetar, ketakutan yang sangat akan teror,
ketakutan akan ada hukuman. Depersonalisasi dan derealisasi: perasaan ada di
luar badan, merasa dunia tidak nyata, ketakutan kehilangan kontrol, ketakutan
menjadi gila, takut akan mati.Terjadinya: sering, sekali seminggu atau lebih
sering. Beberapa menit. Dihubungkan dengan situasi khusus, misalnya mengendarai
mobil. Laki-laki 0,7 %, wanita 1%
4 kali serangan panik dalam 4 minggu,
Satu serangan
diikuti ketakutan terjadinya serangan lagi paling sedikit 1 bulan. Serangan panik
dapat diikuti agorafobia, 80% penderita panik juga menderita gangguan kccemasan
yang lain. Sering juga ada depresi Terdapat dalam keluarga. Sering penyebabnya fisiologis,
misalnya gangguan jantung. Penderita panik sering merasa bahwa penyakitnya
parah → menyebabkan panik.
PERSPEKTIF-PERSPEKTIF TEORITIS
Pada kategori
diagnostic utama psikopatologi secara garis besar di bagi menjadi dua bagian
yaitu neurosis dan psikosis. Neurosis merupakan penyakit mental yang belum
begitu menghawatirkan karena baru masuk dalam kategori gangguan-gangguan, baik
dalam susunan syaraf maupun kelainan prilaku, sikap dan aspek mental lainnya.
Dan gangguan kecemasan merupakan psikopatologi yang neurosis.
Kecemasan memiliki karakteristik berupa munculnya prasaan takut dan kehati-hatian atau kewaspadaan yang tidak jelas dan tidak menyenangkan Davison & Neale,2001. Kaplan, Sadock, & Grebb (1994) mengemukakan takut dan cemas merupakan dua emosi yang berfungsi sebagai tanda akan adanya suatu bahaya. Rasa takut muncul jika terdapat ancaman yang jelas, berasal dari lingkungan dan tidak menimbulkan konflik bagi individu sedangkan kecemasan muncul jika bahaya berasal dari dalam diri, tidak jelas, atau menyebabkan konflik bagi individu. Menurut Davison & Neale,2001 gangguan cemas berbeda dengan kecemasan normal dalam hal intensitas durasi serta dampaknya bagi individu berdasarkan sumbernya, freud membedakan kecemasan menjadi dua yaitu kecemasan realitas dan kecemasan neurotic. Kecemasan realitas adalah yang berasal dari kecemasan yang nyata, sedangkan kecemasan neurotic yang berasal dari motif dan konflik yang tidak disadari. Freud berpendapat kecemasan neurotic muncul dari konflik intrapsikis, misalnya yang dijelaskan pada fobia ketika dorongan id (seks & agresi) bertentangan dengan tuntutan super ego atau dapat dikatakan dorongan id berlawanan dengan tuntutan lingkungan eksternal, sehingga untuk menghindari sumber kecemasan internal tersebut ego mengalihkannya ( melakukan displacement) kepada ancaman yang obyeknya bisa diperoleh dari lingkungan. Sebagaimana yang dikutip oleh Kaplan, Sadock, & Grebb (1994) mengemukakan bahwa fungsi utama dari kecemasan adalah memberi tanda kepada ego bahwa dorongan terlarang yang berasal dari ketidak sadaran akan muncul ke kesadaran. Dan fobia adalah hasil dari upaya untuk menghindar dari konflik yang direpres, dan kecemasan yang timbul dialihkan pada obyek atau situasi yang memiliki hubungan simbolik dengannya (yaitu stimulus yang ditakuti). Sedangkan pada gangguan cemas menyeluruh (generalized anxiety disorder), dalam sudut pandang psikoanalisa bersumber dari konflik tidak sadar antara ego dan impuls dari id, yaitu ego yang menahan untuk memenuhi dorongan karena karena khawair dengan hukuman yang diterima. Konflik antara id dan ego ini berlangsung secara terus menerus, dan penderita tidak mampu meindahkannya pada obyek tertentu seperti pada fobia, hal ini menjadikan kecemasan muncul hamper setiap saat. Dalam pandangan Psikodinamika modern sepakat pada pandangan freud tentang gejala kecemasan merupakan pertahanan terhadap konflik, tapi sumber kecemasan tidak terbatas pada dorongan biologis saja melainkan mencakup tuntutan dan frustasi yang berasal dari lingkungan social dan hubungan interpersonal. Misalnya seseorang yang tak berani berbicara didepan umum, sumber masalahnya menurut teori ini adalah berasal dari perasaan rendah dirinya. Orang dengan kepercayaan diri yang rendah akan merasa cemas pada situasi dimana dia bisa dilihat, dinilai atau dikritik orang lain, dan dia akan cenderung menghindari situasi tersebut. Psiko dinamika berasumsi bahwa bahwa gejala kecemasan hanyalah indicator adanya masalah yang lebih mendalam dan tidak disadari. Kemudian pada behaviorisme lebih menekankan pada perilaku maladaptive tersebut, perilaku maladaptive seperti gangguan fobia dapat dijelaskan dengan prinsip belajar, antara lain:
Kecemasan memiliki karakteristik berupa munculnya prasaan takut dan kehati-hatian atau kewaspadaan yang tidak jelas dan tidak menyenangkan Davison & Neale,2001. Kaplan, Sadock, & Grebb (1994) mengemukakan takut dan cemas merupakan dua emosi yang berfungsi sebagai tanda akan adanya suatu bahaya. Rasa takut muncul jika terdapat ancaman yang jelas, berasal dari lingkungan dan tidak menimbulkan konflik bagi individu sedangkan kecemasan muncul jika bahaya berasal dari dalam diri, tidak jelas, atau menyebabkan konflik bagi individu. Menurut Davison & Neale,2001 gangguan cemas berbeda dengan kecemasan normal dalam hal intensitas durasi serta dampaknya bagi individu berdasarkan sumbernya, freud membedakan kecemasan menjadi dua yaitu kecemasan realitas dan kecemasan neurotic. Kecemasan realitas adalah yang berasal dari kecemasan yang nyata, sedangkan kecemasan neurotic yang berasal dari motif dan konflik yang tidak disadari. Freud berpendapat kecemasan neurotic muncul dari konflik intrapsikis, misalnya yang dijelaskan pada fobia ketika dorongan id (seks & agresi) bertentangan dengan tuntutan super ego atau dapat dikatakan dorongan id berlawanan dengan tuntutan lingkungan eksternal, sehingga untuk menghindari sumber kecemasan internal tersebut ego mengalihkannya ( melakukan displacement) kepada ancaman yang obyeknya bisa diperoleh dari lingkungan. Sebagaimana yang dikutip oleh Kaplan, Sadock, & Grebb (1994) mengemukakan bahwa fungsi utama dari kecemasan adalah memberi tanda kepada ego bahwa dorongan terlarang yang berasal dari ketidak sadaran akan muncul ke kesadaran. Dan fobia adalah hasil dari upaya untuk menghindar dari konflik yang direpres, dan kecemasan yang timbul dialihkan pada obyek atau situasi yang memiliki hubungan simbolik dengannya (yaitu stimulus yang ditakuti). Sedangkan pada gangguan cemas menyeluruh (generalized anxiety disorder), dalam sudut pandang psikoanalisa bersumber dari konflik tidak sadar antara ego dan impuls dari id, yaitu ego yang menahan untuk memenuhi dorongan karena karena khawair dengan hukuman yang diterima. Konflik antara id dan ego ini berlangsung secara terus menerus, dan penderita tidak mampu meindahkannya pada obyek tertentu seperti pada fobia, hal ini menjadikan kecemasan muncul hamper setiap saat. Dalam pandangan Psikodinamika modern sepakat pada pandangan freud tentang gejala kecemasan merupakan pertahanan terhadap konflik, tapi sumber kecemasan tidak terbatas pada dorongan biologis saja melainkan mencakup tuntutan dan frustasi yang berasal dari lingkungan social dan hubungan interpersonal. Misalnya seseorang yang tak berani berbicara didepan umum, sumber masalahnya menurut teori ini adalah berasal dari perasaan rendah dirinya. Orang dengan kepercayaan diri yang rendah akan merasa cemas pada situasi dimana dia bisa dilihat, dinilai atau dikritik orang lain, dan dia akan cenderung menghindari situasi tersebut. Psiko dinamika berasumsi bahwa bahwa gejala kecemasan hanyalah indicator adanya masalah yang lebih mendalam dan tidak disadari. Kemudian pada behaviorisme lebih menekankan pada perilaku maladaptive tersebut, perilaku maladaptive seperti gangguan fobia dapat dijelaskan dengan prinsip belajar, antara lain:
·
UCS
→ CS → UCR
·
Modelling
Ketakutan yang dipelajari atau didapat dari instruksi verbal/deskripsi dari orang lain
Ketakutan yang dipelajari atau didapat dari instruksi verbal/deskripsi dari orang lain
·
Devisit
dalam ketrampilan social. Dalam teori ini dikatakan bahwa salah satu yang merupakan
penyebab kecemasan adalah kurangnya ketrampilan social. Pada sudut pandang
kognitif kecemasan berhubungan dengan kecenderungan untuk lebih memperhatikan
stimulus negatif, menginterpretasikan informasi yang ambigu sebagai ancaman dan
percaya bahwa peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan akan terjadi lagi
dimasa mendatang. matthew dan Mc Leod dalam Davison & Neale, 2001.
TERAPI GANGGUAN PERASAAN CEMAS
Pendekatan-pendekatan
psikologis berbeda satu sama lain dalam tekhnik dan tujuan penanganan
kecemasan. Tetapi pada dasarnya berbagai tekhnik tersebut sama-sama mendorong
klien untuk menghadapi dan tidak menghindari sumber-sumber kecemasan mereka.
Dalam menangani gangguan kecemasan dapat melalui beberapa pendekatan :
1.Pendekatan-Pendekatan Psikodinamika
Dari perspektif
psikodinamika, kecemasan merefleksikan energi yang dilekatkan kepada
konflik-konflik tak sadar dan usaha ego untuk membiarkannya tetap terepresi.
Psikoanalisis tradisional menyadarkan bahwa kecemasan klien merupakan
simbolisasi dari konflik dalam diri mereka. Dengan adanya simbolisasi ini ego
dapat dibebaskan dari menghabiskan energi untuk melakukan represi. Dengan
demikian ego dapat memberi perhatian lebih terhadap tugas-tugas yang lebih
kreatif dan memberi peningkatan. Begitu juga dengan yang modern, akan tetapi
yang modern lebih menjajaki sumber kecemasan yang berasal dari keadaaan
hubungan sekarang daripada hubungan masa lampau. Selain itu mereka mendorong
klien untuk mengembangkan tingkah laku yang lebih adaptif
.
2.Pendekatan-Pendekatan Humanistik
Para tokoh
humanistik percaya bahwa kecemasan itu berasal dari represi sosial diri kita
yang sesungguhnya. Kecemasan terjadi bila ketidaksadaran antara inner self
seseorang yang sesungguhnya dan kedok sosialnya mendekat ke taraf kesadaran.
Oleh sebab itu terapis-terapis humanistik bertujuan membantu orang untuk
memahami dan mengekspresikan bakat-bakat serta perasaan-perasaan mereka yang
sesungguhnya. Sebagai akibatnya, klien menjadi bebas untuk menemukan dan
menerima diri mereka yang sesunggguhnya dan tidak bereaksi dengan kecemasan
bila perasaan-perasaan mereka yang sesungguhnya dan kebutuhan-kebutuhan mereka
mulai muncul ke permukaan.
3.Pendekatan-Pendekatan Biologis
Pendekatan ini
biasanya menggunakan variasi obat-obatan untuk mengobati gangguan kecemasan.
Diantaranya golongan benzodiazepine Valium dan Xanax (alprazolam). Meskipun
benzodiazepine mempunyai efek menenangkan, tetapi dapat mengakibatkan depensi
fisik. Obat antidepresi mempunyai efek antikecemasan dan antipanik selain juga
mempunyai efek antidepresi.
4.Pendekatan-Pendekatan Belajar
Efektifitas
penanganan kecemasan dengan pendekatan belajar telah banyak dibenarkan oleh
beberapa riset. Inti dari pendekatan belajar adalah usaha untuk membantu
individu menjadi lebih efektif dalam menghadapi situasi yang menjadi penyebab
munculnya kecemasan tersebut. Ada beberapa macam model terapi dalam pendekatan
belajar, diantaranya :
a) Pemaparan Gradual
Metode ini membantu mengatasi fobia
ataupun kecemasan melalui pendekatan setapak demi setapak dari pemaparan aktual
terhadap stimulus fobik. Efektifitas terapi pemaparan sudah sangat terbukti,
membuat terapi ini sebagai terapi pilihan untuk menangani fobia spesifik.
Pemaparan gradual juga banyak dipakai pada penanganan agorafobia. Terapi
bersifat bertahap menghadapkan individu yang agorafobik kepada situasi stimulus
yang makin menakutkan, sasaran akhirnya adalah kesuksesan individu ketika
dihadapkan pada tahap terakhir yang merupakan tahap terberat tanpa ada perasaan
tidak nyaman dan tanpa suatu dorongan untuk menghindar. Keuntungan dari
pemaparan gradual adalah hasilnya yang dapat bertahan lama. Cara Menanggulangi ataupun cara membantu
memperkecil kecemasan
b) Rekonstruksi Pikiran
Yaitu membantu individu untuk berpikir secara logis apa yang
terjadi sebenarnya. biasanya digunakan pada seorang psikolog terhadap penderita
fobia.
c) Flooding
Yaitu individu dibantu dengan memberikan stimulus yang paling
membuatnya takut dan dikondisikan sedemikan rupa serta memaksa individu yang
menderita anxiety untuk menghadapinya sendiri.
d) Terapi Kognitif
Terapi yang dilakukan adalah melalui
pendekatan terapi perilaku rasional-emotif, terapi kognitif menunjukkan kepada
individu dengan fobia sosial bahwa kebutuhan-kebutuhan irrasional untuk
penerimaan-penerimaan sosial dan perfeksionisme melahirkan kecemasan yang tidak
perlu dalam interaksi sosial. Kunci terapeutik adalah menghilangkan kebutuhan
berlebih dalam penerimaan sosial. Terapi kognitif berusaha mengoreksi
keyakinan-keyakinan yang disfungsional. Misalnya, orang dengan fobia sosial
mungkin berpikir bahwa tidak ada seorangpun dalam suatu pesta yang ingin
bercakap-cakap dengannya dan bahwa mereka akhirnya akan kesepian dan terisolasi
sepanjang sisa hidup mereka. Terapi kognitif membantu mereka untuk mengenali
cacat-cacat logis dalam pikiran mereka dan membantu mereka untuk melihat
situasi secara rasional. Salah satu contoh tekhnik kognitif adalah
restrukturisasi kognitif, suatu proses dimana terapis membantu klien mencari
pikiran-pikiran dan mencari alternatif rasional sehingga mereka bisa belajar
menghadapi situasi pembangkit kecemasan.
e) Terapi
Kognitif Behavioral (CBT)
Terapi ini memadukan tehnik-tehnik
behavioral seperti pemaparan dan tehnik-tehnik kognitif seperti restrukturisasi
kognitif. Beberapa gangguan kecemasan yang mungkin dapat dikaji dengan
penggunaan CBT antara lain : fobia sosial, gangguan stres pasca trauma,
gangguan kecemasan menyeluruh, gangguan obsesif kompulsif dan gangguan panik. Pada
fobia sosial, terapis membantu membimbing mereka selama percobaan pada
pemaparan dan secara bertahap menarik dukungan langsung sehingga klien mampu
menghadapi sendiri situasi tersebut
KESIMPULAN
Kecemasan merupakan suatu sensasi aphrehensif atau takut yang menyeluruh. Dan hal ini merupakan suatu kewajaran atau normal saja, akan tetapi bila hal ini terlalu berlebihan maka dapat menjadi suatu yang abnormal. Sedangkan gangguan kecemasan yang menyeluruh adalah suatu tipe gangguan kecemasan yang melibatkan kecemasan persisten yang sepertinya “mengapung bebas” (Free floating) atau tidak terikat pada suatu yang spesifik.
Ciri penderita gangguan kecemasan antara lain:
Ciri Fisik :
1. Gelisah
2. Berkeringat
3. Jantung berdegup kencang
4. Ada sensasi tali yang mengikat erat pada kepala
5. Gemetar
6. Sering buang air kecil
1. Gelisah
2. Berkeringat
3. Jantung berdegup kencang
4. Ada sensasi tali yang mengikat erat pada kepala
5. Gemetar
6. Sering buang air kecil
Ciri Perilaku :
1. Perilaku menghindar
2. Perilaku dependen
1. Perilaku menghindar
2. Perilaku dependen
Ciri Kognitif
1. Merasa tidak bisa mengendalikan semua
2. Merasa ingin melarikan diri dari tempat tersebut
3. Serasa ingin mati
1. Merasa tidak bisa mengendalikan semua
2. Merasa ingin melarikan diri dari tempat tersebut
3. Serasa ingin mati
Dalam perspektif psikodinamika,
memandang kecemasan sebagai suatu usaha ego untuk mengendalikan munculnya
impuls-impuls yang mengancam kesadaran. Dan perasaan-perasaan kecemasan
adalah tanda-tanda peringatan bahwa impuls-impuls yang mengancam mendekat ke
kesadaran. Ego menggerakkan mekanisme pertahanan diri untuk mengalihkan
impuls-impuls tersebut yang kemudian mengarah menjadi gangguan-gangguan
kecemasan lainnya. Namun para teoritikus belajar menjelaskan gangguan-ganguan
kecemasan melalui pembelajaran observasional dan conditioning. Model dua faktor
dari Mowrer memasukkan clasical dan operant conditioning dalam penjelasan
tentang fobia. Meskipun demikian, fobia tampaknya dipengaruhi juga oleh faktor
kognitif, seperti harapan-harapan self-efficacy. Prinsip-prinsip penguatan
mungkin dapat membantu menjelasakan pola-pola tingkah laku obsesif-kompulsif.
Kemungkinan ada predisposisi genetis untuk fobia tertentu yamng mempunyai
nilai-nilai untuk kelangsungan hidup (survival) bagi nenek moyang kita
terdahulu.
Ada beberapa faktor kognitif yang menyebabkan gangguan-gangguan kecemasan, seperti prediksi berlebih terhadap ketakutan, keyakinan yang self-defeating dan irasional, sensivitas berlebih mengenai sinyal-sinyal dan tanda-tanda ancaman, harapan-harapan self-efficacy yang terlalu rendah dan salah mengartikan sinyal-sinyal tubuh.
Untuk meminimalisir terjadinya kecemasan pada diri seseorang terdapat beberapa terapi. Psikoanalisis radisional membantu orang untuk mengatasi konflik-konflik tak sadar yang diyakini mendasari gangguan-gangguan kecemasan. Pendekatan-pendekatan psiko- dinamika yang modern lebih berfokus pada gangguan relasi yang ada dalam kehidupan klien saat ini dan mendorong klien untuk mengembangkan pola tingkah laku yang lebih adaptif. Terapi humanistik lebih berfokus pada membantu klien mengidentifikasi dan menerima dirinya yang sejati dan bukan bereaksi pada kecemasan setiap kali perasaan-perasaan dan kebutuhan-kebutuhannya yang sejati mulai muncul ke permukaan. Sedangkan untuk terapi obat, berfokus pada penggunaan obat benzodiazepin dan obat-obat antidepresen (yang mempunyai efek lebih daripada hanya sebagai antidepresan).
Pendekatan-pendekatan dengan dasar belajar dalam menangani kecemasan melibatkan berbagai macam teknik behavioral dan kognitif-behavioral, termasuk terapi pemaparan, restrukturisasi kognitif, pemaparan dan pencegahan respon, serta pelatihan keterampilan relaksasi. Pendekatan-pendekatan kognitif seperti terapi tingkah laku rasional-emotif dan terapi kognitif, membantu orang untuk mengidentifikasi dan membetulkan pola-pola pikir yang salah yang melandasi reaksi-reaksi kecemasan. Untuk terapi kognitif-behavioral, menangani gangguan panik, melibatkan self-monitoring, pemaparan, dan pengembangan respons-respons adaptif terhadap sinyal-sinyal pembangkit kecemasan..
Ada beberapa faktor kognitif yang menyebabkan gangguan-gangguan kecemasan, seperti prediksi berlebih terhadap ketakutan, keyakinan yang self-defeating dan irasional, sensivitas berlebih mengenai sinyal-sinyal dan tanda-tanda ancaman, harapan-harapan self-efficacy yang terlalu rendah dan salah mengartikan sinyal-sinyal tubuh.
Untuk meminimalisir terjadinya kecemasan pada diri seseorang terdapat beberapa terapi. Psikoanalisis radisional membantu orang untuk mengatasi konflik-konflik tak sadar yang diyakini mendasari gangguan-gangguan kecemasan. Pendekatan-pendekatan psiko- dinamika yang modern lebih berfokus pada gangguan relasi yang ada dalam kehidupan klien saat ini dan mendorong klien untuk mengembangkan pola tingkah laku yang lebih adaptif. Terapi humanistik lebih berfokus pada membantu klien mengidentifikasi dan menerima dirinya yang sejati dan bukan bereaksi pada kecemasan setiap kali perasaan-perasaan dan kebutuhan-kebutuhannya yang sejati mulai muncul ke permukaan. Sedangkan untuk terapi obat, berfokus pada penggunaan obat benzodiazepin dan obat-obat antidepresen (yang mempunyai efek lebih daripada hanya sebagai antidepresan).
Pendekatan-pendekatan dengan dasar belajar dalam menangani kecemasan melibatkan berbagai macam teknik behavioral dan kognitif-behavioral, termasuk terapi pemaparan, restrukturisasi kognitif, pemaparan dan pencegahan respon, serta pelatihan keterampilan relaksasi. Pendekatan-pendekatan kognitif seperti terapi tingkah laku rasional-emotif dan terapi kognitif, membantu orang untuk mengidentifikasi dan membetulkan pola-pola pikir yang salah yang melandasi reaksi-reaksi kecemasan. Untuk terapi kognitif-behavioral, menangani gangguan panik, melibatkan self-monitoring, pemaparan, dan pengembangan respons-respons adaptif terhadap sinyal-sinyal pembangkit kecemasan..
DAFTAR PUSTAKA
Supratinya,A. 1995. Mengenal
Perilaku Abnormal. Yogyakarta: Kanisius.
LAB/UPF Ilmu Kedokteran Jiwa. 1994. Pedoman Diagnosis Dan Terapi. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo.
Panggabean, L. (2003). Pengembangan Kesehatan Perkotaan ditinjau dari Aspek Psikososial. (makalah). Direktorat Kesehatan Jiwa Masyarakat DepKes. Rs. Tidak dipublikasikan
Prof. Dr. Sutardjo A. Wiramihardja. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: PT. Refika Aditama.
LAB/UPF Ilmu Kedokteran Jiwa. 1994. Pedoman Diagnosis Dan Terapi. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dan RSUD Dr. Soetomo.
Panggabean, L. (2003). Pengembangan Kesehatan Perkotaan ditinjau dari Aspek Psikososial. (makalah). Direktorat Kesehatan Jiwa Masyarakat DepKes. Rs. Tidak dipublikasikan
Prof. Dr. Sutardjo A. Wiramihardja. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: PT. Refika Aditama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar