MAKALAH
PENGGUNAAN LAPTOP PADA MAHASISWA
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Metodologi Penelitian 1
Dosen
Pengampu: Widjanarko, S.Psi, M.Si
Disusun
Oleh:
Istihah [2009-60-005]
Kimmy Katkhar [2009-60-032]
UNIVERSITAS
MURIA KUDUS
FAKULTAS
PSIKOLOGI
2010
PRAKATA
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah
dengan judul Penggunaan Laptop Pada Siswa SMP ini disusun untuk memenuhi salah
satu mata kuliah Metodologi Penelitian 1 .
Dalam
penyusunan makalah ini,penulis mengalami banyak kesulitan karena terbatasnya
kemampuan penulis.Oleh karena itu,penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak
yang telah membantu penulis dalam pembuatan makalah ini,yaitu Bapak
Widjanarko,S.Psi, M.Si.
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan.Oleh karena itu penulis
menerima kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi
kebaikan dan kesempurnaan makalah ini.
Semoga
makalah ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca.
Kudus,
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
.......................................................................................
|
i
|
|||||
KATA PENGANTAR .....................................................................................
|
ii
|
|||||
DAFTAR ISI
...................................................................................................
|
iii
|
|||||
BAB I
|
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang..........................................................................
B.
Tujuan........................................................................................
C. Manfaat.....................................................................................
|
|||||
BAB II
|
TINJAUAN PUSTAKA
A.
Teori
Masalah yang
diteliti....................................................
B.
Dinamika Psikologis
Tentang Masalah yang Diteliti...............
|
|||||
BAB III
|
METODE PENELITIAN
A.
Populasi...................................................................................
B.
Sampel....................................................................................
C.
Teknik Pengambilan
Sampel...................................................
D.
Teknik pengumpulan data......................................................
|
|||||
BABIV
|
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil Penelitian........................................................................
B.
Pembahasan.............................................................................
|
|||||
BAB V
|
SIMPULAN DAN SARAN
A.
Simpulan...................................................................................
B. Saran........................................................................................
|
|||||
BAB VI
|
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.
Hasil Angket............................................................................
|
|||||
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Zaman
semakin modern saat ini, banyak sekali perubahan yang terjadi disekililing kita
yang memberikan banyak kemudahan untuk hidup.
Penemuan
metode ilmiah yang berwatak empiris dan rasional secara menakjubkan membawa
kemajuan ilmu pengetahunan dan teknologi yang luar biasa. Industri dan berbagai
macam penemuan ilmu pengetahuan membawa kemudahan-kemudahan hidup, membuka
wawasan kehidupan baru, dan melahirkan pola kehidupan baru yang disebut
modernisme.Seperti munculnya laptop
yang sering di gunakan oleh orang-orang untuk membantu berbagai macam
kegiatanya seperti untuk mengerjakan tugas-tugas,untuk
berbisnis,internetan,bahkan berkomunikasi dengan orang-orang.
dan peningkatan kebutuhan berkomunikasi dengan orang lain telah
menghadirkan trend baru penggunaan laptop dalam
masyarakat. Kehadiran laptop juga telah meningkatkan interaksi manusia
dengan mesin (human to machine) di era
modern ini.
Di Indonesia, laptop sudah muncul sejak awal tahun 2000-an, dikeluarkan
pertama kali oleh perusahaan
teknologi informasi terkemuka seperti hp dan Toshiba. Hingga saat ini
(April 2009), jumlah pengguna laptop semakin
meningkat dan mencapai angka 10 juta pengguna di seluruh Indonesia.
laptop sudah menjadi kebutuhan primer dalam
aktivitas sehari-hari. Jumlah pengguna seringkali dijadikan alat ukur
terhadap kemajuan teknologi sekaligus
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, kehadiran laptop
tidak sepenuhnya menunjukkan bahwa
masyarakat Indonesia sudah memahami kemajuan teknologi komunikasi dengan
baik karena masyarakat Indonesia
cenderung menjadikan penggunaan laptop sebagai budaya dalam trend
komunikasi masa kini.
Pelajar, mahasiswa sampai karyawan perusahaan membutuhkan laptop untuk
menunjang
aktivitas mereka dan tentunya untuk memudahkan mereka dalam melakukan
hubungan komunikasi dengan orang lain.
Jika kita pergi ke tempat-tempat umum seperti mall, restoran, toko buku,
ruang tunggu rumah sakit atau lobby hotel
maupun tempat-tempat lainnya, kita akan melihat orang-orang yang duduk
sambil menggunakan laptopnya. Kebanyakan
dari para pengguna laptop di Indonesia selalu membawa laptopnya kemanapun
mereka pergi dan senantiasa
memanfaatkan fasilitas hotspot atau WiFi yang tersedia di tempat-tempat
umum.
B.
TUJUAN
Kami mengadakan penelitian tentang penggunaan
laptop pada mahasiswa karena kami ingin mengetahui sebenarnya para mahasiswa
itu menggunakan laptop tujuan sebenarnya itu apa?dan para mahasiswa itu
menganggap laptop sebagai kebutuhan,ikut-ikutan teman-temannya saja,gengsi atau
bisa saja mengikuti zaman.Karena kami melihat kebanyakan para mahasiswa itu
sekarang banyak sekali yang menggunakan laptop.Dan para mahasiswa ini
menganggap laptop seberapa penting dalam mendukung perkuliahanya. Jadi kami
tertarik untuk mengadakan penelitian ini.
C.
MANFAAT
Setelah kami menyebarkan angket dan melakukan
riset,kami mendapatkan manfaat:
1. kami dapat menyimpulkan bahwa laptop di
kalangan mahasiswa temasuk penting
karena dapat membantu dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah mereka.
2. Kami dapat mengetahui laptop juga banyak
membawa pengaruh positif pada mahasiswa daripada laptop yang bisa membawa
pengaruh negatif,karena tergantung dari individunya masing-masing.
3. Mahasiswa juga lebih suka menggunakan
laptop daripada komputer karena mereka menganggap laptop lebih praktis,simpel.
4. Kebanyakan para mahasiswa mengenal laptop
tergantung kondisi di lingkungan sekitarnya ada yang dari tv,orang tua,dll.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
TEORI MASALAH YANG DITELITI
Karakteristik Penggunaan Laptop sebagai Aplikasi Teknologi Komunikasi
Modern (Analisis Konsep Budaya Teknologi dalam pemanfaatan laptop).Saat ini
telah marak di pakai oleh orang-orang yang intelektual.
Dewasa ini,
komunikasi antara 2 individu
lebih sering dilakukan melalui perangkat teknologi komunikasi, baik perangkat
keras
(hardware) maupun perangkat lunak
(software), sebagai media penyampain pesan atau informasi dari pengirim
(sender)
kepada penerima pesan (receiver).
Salah satu media yang digunakan oleh masyarakat Indonesia utuk menjalin
hubungan komunikasi dengan orang
lain adalah laptop. Dewasa ini, laptop dapat dikatakan telah menjadi salah satu
kebutuhan primer manusia.
Pelajar, mahasiswa sampai karyawan perusahaan membutuhkan laptop untuk
menunjang
aktivitas mereka dan tentunya
untuk memudahkan mereka dalam melakukan hubungan komunikasi dengan orang lain.
Jika kita pergi ke tempat-tempat
umum seperti mall, restoran, toko buku, ruang tunggu rumah sakit atau lobby
hotel
maupun tempat-tempat lainnya, kita akan melihat orang-orang yang duduk
sambil menggunakan laptopnya.Seringkali mahasiswa-mahasiswi memakai laptop
untuk menunjang perkuliahanya.Di zaman modern sekarang ini banyak mahasiswa
yang ingin mudahnya saja untuk mencapai hal yang di inginkanya.karena banyaknya
tugas yang menumpuk maka mahasiswa sudah di mudahkan oleh laptop.Lama-Kelamaan
mahasiswa-mahasiswa ini menganggap laptop sebagai kebutuhan primer karena
mereka sudah terbiasa di manjakan laptop.
B.
DINAMIKA PSIKOLOGIS TENTANG MASALAH YANG
DI TELITI
BAB III
METODE
PENELITIAN
A.
POPULASI
Populasi penelitian kami menggunakan seluruh
mahasiswa-mahasiswi UMK dari semua jurusan
yang menggunakan laptop.
B.
SAMPEL
Sampel yang kami gunakan yaitu:dengan membuat
angket berjumlah 10 lalu kami berikan pada beberapa mahasiswa-mahasiswi UMK
fakultas Psikologi semester 2 angkatan tahun ajaran 2009/2010.
C.
TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL
Kami menggunakan teknik pengambilan sampel yang
bersifat tidak acak,karena dimana sampel ini dipilih berdasarkan
pertimbangan-pertimbangan tertentu.Dengan mempertimbangkan bagaimana agar
angket yang kami sebar cepat di isi yaitu kami menyebar angket ke teman-teman
mahasiswa-mahasiswi UMK fakultas Psikologi semester 2.Dan agar angket yang kami
berikan pada teman-teman mahasiswa-mahasiswi UMK fakultas Psikologi segera
dikumpulkan pada kami lagi.
D.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini,adalah angket.Angket merupakan metode yang sering
dipakai dalam penelitian-penelitian lainya.
Teknik yang dipakai dengan
cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara tertulis yang kami sebar kepada
mahasiswa-mahasiswi UMK ,dengan teknik ini diharapkan diperoleh data tentang penggunaan laptop pada mahasiswa-mahasiswi
UMK.Teknik menggunakan angket ini mempunyai beberapa kelebihan
yaitu:waktunya lebih efisien,responden mempunyai waktu lebih untuk mengisi
angket yang sesuai dengan dirinya sendiri,secara psikologis responden tidak
merasa terpaksa.Tetapi teknik angket ini juga mempunyai beberapa kelemahan
yaitu:pertanyaan yang diberikan terbatas,dari beberapa pertanyaan itu kadang
ada yang tidak dijawab,kadang juga jawaban tidak sesuai dengan faktanya,terkadang
ada angket yang tidak di kembalikan pada penelitinya,tidak bisa mewakili
populasi,tidak dapat diberikan pada sembarang orang karena terkadang ada orang
yang buta huruf.
Sedangkan yang
akan digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan
lalu kami sebarkan pada beberapa mahasiswa-mahasiswi untuk dijawab sesuai dengan dirinya sendiri. Dengan
demikian upaya yang ditempuh dalam pengumpulan data ini adalah dengan kami
mendatangi beberapa mahasiswa-mahasiswi
yang menggunakan laptop dan memberikan angket pertanyaan yang sebelumnya
sudah dibuat oleh peneliti.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.
HASIL PENELITIAN
Berdasarkan penelitian kami, menurut angket yang
kami sebar kepada beberapa mahasiswa kami bisa menyimpulkan bahwa laptop
merupakan kebutuhan sekunder dan laptop itu tidak wajib bagi mahasiswa, karena
jika wajib kasihan mahasiswa yang ekonominya lemah. Tetapi para mahasiswa
kebanyakan membutuhkanya untuk berbagai macam hal, misalnya: untuk mengerjakan
tugas, internetan, main games bahkan ketiga-tiganya. Kebanyakan mahasiswa yang
kami beri angket mengaku bahwa mereka tidak mengetahui laptop dari orang tua
mereka, melainkan dari orang sekitar mereka, teman, maupun saudara. Meskipun
demikian, kebanyakan dari para orang tua mahasiswa ini sangat mendukung anaknya
dalam menggunakan laptop karena dirasa dapat membantu dalam perkuliahan. Dalam
penggunaan laptop mahasiswa-mahasiswa ini mengaku banyak mendatangkan manfaat
positif pada diri mereka, seperti: bisa menambah ketrampilan, menambah wawasan
tentang teknologi, banyak membantu dalam tugas-tugas mereka. Tetapi para
mahasiswa ini tidak terpengaruh sisi negatif oleh laptop karena mereka mengaku
semua itu kembali kepada diri mereka masing-masing, karena sudah bisa
membedakan mana yang baik dan buruk. Mahasiswa kebanyakan tidak menggunakan
laptop saat dosen menerangkan karena lebih baik mendengarkan dosen menerangkan
daripada menghidupkan laptop. Tetapi, ada juga yang menggunakan laptop saat
dosen menerangkan karena tergantung kebutuhan mereka untuk mengerjakan
tugasnya.
Laptop bagi mahasiswa mampu merupakan kebutuhan
primer karena mereka menganggap laptop merupakan suatu benda yang sangat
dibutuhkan mereka dalam kuliahnya, tapi ada mahasiswa yang menganggap laptop
sebagai barang pelengkap jika kita mampu membeli laptop tidak ada salahnya tapi
jika tidak mampu ya tidak usah membeli. Para mahasiswa lebih menyukai
menggunakan laptop daripada komputer karena laptop dirasa lebih praktis, simpel,
bisa di bawa kemana-mana dan biasanya mahasiswa memanfaatkan fasilitas hotspot
di kampus oleh karena itu mahasiswa-mahasiswa ini suka membawa laptopnya
kemana-mana. Penggunaan laptop para mahasiswa ini bermacam-macam ada yang
sekali, dua kali, tiga kali lebih, dan ada yang tak terhitung karena mereka
biasanya menggunakan laptop sesuai kebutuhan masing-masing. Bahkan ada
mahasiswa yang menggunakan laptop hanya untuk mengerjakan tugas saja, jika
tidak ada tugas maka laptopnya nganggur.
B.
PEMBAHASAN
BAB V
SIMPULAN DAN
SARAN
A.
SIMPULAN
Berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan, kami
dapat menyimpulkan bahwa mahasiswa suka menggunakan laptop karena lebih
praktis, simpel, bisa dibawa kemana-mana. Laptop tidak wajib bagi mahasiswa, laptop
biasanya mahasiswa gunakan untuk mengerjakan tugas, internetan, main games. Mahasiswa
mulai mengenal laptop dari media masa, keluarga, orang tua, teman, dan ada yang
mengenal laptop sendiri karena sesuai dengan perkembangan zaman. Semua orang
tua dari para mahasiswa ini mendukung anak-anaknya menggunakan laptop karena
membantu dalam perkuliahan anaknya. Laptop banyak membawa pengaruh positif pada
para mahasiswa ini dan tidak ada mahasiswa yang terpengaruh negatif dari
penggunaan laptop. Kebanyakan mahasiswa tidak menggunakan laptop pada saat
dosen menerangkan, tapi ada juga mahasiswa yang menggunakan laptop saat dosen
menerangkan dikarenakan kebutuhanya. Menurut mahasiswa-mahasiswa laptop
kebutuhan sekunder tapi ada juga yang menganggap laptop sebagai kebutuhan
primer karena mereka menganggap mahasiswa sangat memerlukan laptop. Mahasiswa-mahasiswa
ini dalam sehari menggunakan laptop bisa bermacam-macam ada yang hanya sekali menggunakan laptop, ada yang dua kali,
tiga kali, bahkan ada yang lebih di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing
mahasiswa ini.
B.
SARAN
Dari hasil penelitian kami, sebaiknya mahasiswa yang memang benar-benar
dalam taraf ekonomi lemah, tidak memaksakan diri untuk menggunakan laptop
karena laptop sendiri tidak diwajibkan bagi para mahasiswa. Kalaupun mereka
memang sangat membutuhkan laptop, hendaknya mereka yang tidak punya laptop tidak
memaksakan diri mereka untuk membeli laptop karena tugas tidak hanya bisa
diselesaikan dengan laptop saja, melainkan dengan alat lain juga/ bisa. Mereka
harus berhati-hati dalam menggunakan laptop karena laptop itu sebenarnya dapt
memberi pengaruh yang negatif jika mereka tidak hati-hati. Tetapi sebaliknya,
jika mereka mampu berhati-hati dalam penggunaan laptop tersebut, maka mereka
akan mendapat pengaruh yang positif, misalnya; mereka dapat wawasan serta ilmu yang
lebih dari mereka menggunakan internet.
Para mahasiswa lebih baik jika menggunakan laptop
seperlunya saja, tidak perlu sering-sering. Jika ada dosen di kelas yang sedang
menerangkan pelajaran, sebaiknya mahasiswa mendengarkan keterangan dosen
tersebut dibandingkan mereka bermain laptop, walaupun mereka dalam keadaan
harus menyelesaikan tugas tertentu. Sebaiknya mereka mengerjakan tugas tersebut
di luar kelas saja.
BAB V1
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.
HASIL
ANGKET
NAMA:
UMUR :
ANGKET
PENGGUNAAN
LAPTOP PADA MAHASISWA
Perhatikan
!!!
Ø isilah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan
jujur
Ø berilah tanda {x} untuk mengisi pertanyaan.
Ø Isi angket akan dirahasiakan, untuk itu kami
berharap Saudara mengisi pertanyaan sesuai dengan diri Saudara.
1] Menurut
anda apakah mahasiswa
wajib membawa Laptop?
a. wajib
b. Tidak
Alasan :
______________________________________________________________________________________________________________________________________
2] Biasanya
Laptop anda gunakan untuk apa?
a.
Internetan
b.main
games
c.untuk
mengerjakan tugas
d.
.............................................................
Alasan :
______________________________________________________________________________________________________________________________________
3] Darimana
anda mengenal laptop?
a. Teman
b. Saya
sendiri
c. Orang
tua
d.
.............................................................
Alasan :
_______________________________________________________________________________________________________________________________________
4] Apakah
orangtua mendukung anda menggunakan
laptop?
a. Ya
b. Tidak
c.
..............................................................
Alasan :
________________________________________________________________________________________________________________________________________
5] Apakah
menggunakan laptop membawa pengaruh negatif pada diri anda?
a.
Ya
b.
Tidak
Alasan :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
6] Apakah anda juga menggunakan laptop
pada saat jam kuliah disaat dosen menerangkan?
a.
Ya
b.
Tidak
Alasan :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
7] Apakah
menggunakan laptop bisa membawa pengaruh positif pada diri anda?
a. Ya
b. tidak
Alasan :
_____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
8] Menurut anda
apakah laptop merupakan kebutuhan primer?
a. Ya
b. Tidak
Alasan:
_____________________________________________________________________
____________________________________________________________________
9] Anda lebih
menyukai menggunakan laptop atau komputer meja ?
a. Laptop
b. Komputer
meja
Alasan:
_____________________________________________________________________
___________________________________________________________________
10] Berapa kali
anda menggunakan laptop dalam sehari?
a. Sekali
b. Dua kali
c. Tiga
kali lebih
d.
.................................................
Alasan:
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar